FGD : Desain Pengembangan Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan

Program perencanaan pendidikan nasional merupakan salah satu bagian penting dalam proses mewujudkan rencana strategis pembangunan pendidikan nasional, yaitu: peningkatan akses, mutu, tata kelola dan akuntabilitas pendidikan nasional. Untuk membangun program perencanaan pendidikan yang valid, terukur dan berkesinambungan diperlukan data-data pendukung yang lengkap, valid, akuntabel, dan terbarukan (up to date).

Berdasar pada kebutuhan tersebut, pada awal tahun 2006 Biro Perencanaan Setjen Depdiknas membangun sistem pendataan terbaru dimana proses transaksi datanya dilakukan dalam skala mikro secara terpusat, daring (online) dan dalam waktu-nyata (real time) yang disebut dengan sistem Dapodik.

Jika di pusat sudah ada sistem yang mengelola data pendidik dan tenaga kependidikan dengan nama sistem Dapodik, maka menurut Ketua Tim Desain Pengembangan Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan LPMP Gorontalo, Eky Aristanto P. Punu, SE, MM dalam laporannya pada kegiatan Desain Pengembangan Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan, yang dilaksanakan pada hari ini 2 Februari sampai dengan 3 Februari 2017, bertempat di LPMP Gorontalo, seharusnya sistem Dapodik tersebut bisa kita desain dan kembangkan dalam sebuah aplikasi yang isinya berupa data-data terpadu, baik itu Data PTK, Data UN, Data PMP, Data Kurikulum 2013, dan lain sebagainya sehingga mampu menyerap kebutuhan internal lembaga. Pada akhirnya aplikasi data tersebut bisa menjadi nilai jual dan eksistensi keberadaan lembaga di Propinsi Goontalo.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Kepala LPMP Gorontalo, Bapak Drs. Hi. Amin N. Nusi, M.Pd. Mengawali sambutannya, Kepala LPMP Gorontalo, berharap ada yang dihasilkan dari kegiatan ini. Peran yang sangat strategi khususnya Seksi SI, sehingga semua aktifitas yang ada di lembaga ini bisa dimonitor, bisa di lihat, bisa di ikuti oleh masyarakat secara luas, khususnya masyarakat pendidikan yang ada di Provinsi Gorontalo.

Saya menyambut baik apa yang menjadi tema kegiatan pada ahari ini, yang nanti kemudian dilanjutkan pada tanggal 13 dan 14 Februari dan berakhir mungkin semacam uji coba pada tanggal 24 Februari 2017 nanti.

saya berharap bahwa kegiatan pada hari ini benar-benar dapat dimaksimalkan sampai dengan tanggal 4 Funtuk menghasilkan sesuatu yang betul-betul kita harapkan, dalam rangka percepatan informasi terkait dengan program-program yang ada di LPMP Gorontalo.

Saya sejak pertemuan awal kita pada tahun lalu, sudah pernah menyampaikan bahwa obsesi saya bagaimana semua informasi kita ini terakses melalui media yang dibuat oleh LPMP Gorontalo, baik melalui buletin, jurnal, website, dan aplikasi-aplikasi lainnya secara online, jelas Amin Nusi dalam sambutannya. (md)

Save

Save

Save

Save