Bimtek Dapodikdasmen 2018

Untuk menyusun sebuah perencanaan yang baik, dibutuhkan data yang akurat sebagai dasar menetapkan target dan tujuan yang ingin dicapai. Kesalahan data yang digunakan mengakibatkan perencanaan yang dibuat tidak akan berguna. Dalam sistem informasi dikenal dengan istilah GIGO (Garbage In, Garbage Out). Demikian pentingnya data dalam sebuah formulasi perencanaan.
Menyadari akan hal tersebut, dalam menerapkan pengumpulan-pengolahan-pemanfaatan data pendidikan, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Gorontalo bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah bagi pengelola data pokok pendidikan dasar dan menengah se provinsi Gorontalo.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Seksi Sitem Informasi LPMP Gorontalo ini dibuka secara resmi oleh Kepala LPMP Gorontalo, Bapak Drs.Amin Nusi, M.Pd pada penyampaian arahannya, Kepala LPMP menekankan perlunya penatakelolaan data pokok pendidikan yang terintegrasi serta terkoodinir dengan baik sehingga dalam pemanfaatannya dapat dipertanggungjawabkan dan dipergunakan sebaik baiknya bagi dunia pendidikan.

Bimbingan Teknis Dapodikdasmen diselenggarakan selama empat hari sejak tanggal 19 – 22 Maret 2018 di LPMP Gorontalo diikuti oleh para operator Dinas Provinsi, Kota , Kabupaten serta beberapa perwakilan operator sekolah se Provinsi Gorontalo. Jumlah peserta sebanyak 49 orang termasuk operator sekolah yang berasal dari sebuah daerah yang sulit dijangkau kendaran bermotor, yakni dari kecamatan Pinogo, kabupaten Bone Bolango. Ada juga peserta dari Dinas Kabupaten Gorontalo yang dibiayai oleh Dinas untuk mengikuti kegiatan ini.

Seksi Sistem Informasi dikomandoi oleh Eky Aristanto Punu, SE, MM sebagai Penanggung Jawab Kegiatan, Jumari, S.Kom, M.Pd sebagai Ketua Panitia beserta Hamida Gani sebagai Sekretaris, serta Muryo Wardoyo, M.Pd dan Muchlis DoE, ST sebagai anggota nampak sibuk memandu kegiatan ini, mengingat peserta yang demikian banyak serta antusias dalam menanggapi persoalan seputar pengelolaan Aplikasi Dapodikdasmen, Manajemen Dapodikdasmen, Aplikasi PMP, Verifikasi dan Validasi Zonasi, BOS, DAK, Aneka Tunjangan, hingga penyusunan Rencana Tindak Lanjut Prosedur Operasional Standar pengelolaan dan permintaan data. (eqp)

Oh..iya, kami bagikan photo-photo dokumentasi dari kegiatan tersebut. Teman-teman dapat mengunduhnya di sini.