Review Renstra LPMP Gorontalo

Rencana Strategis (Renstra) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2015—2019 disusun berdasarkan UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, UU No. 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, Peraturan Presiden No. 5 Tahun 2010 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2015—2019, serta arahan Presiden untuk memperhatikan aspek change and continuity, debottlenecking, dan enhancement program pembangunan pendidikan dan kebudayaan.

Maka sejalan dengan pengintegrasian kebudayaan dalam pendidikan, Rencana Strategis Kemdiknas Tahun 2015—2019 yang telah disahkan dengan Permendiknas No. 44 Tahun 2010, harus direvisi dan disesuaikan.

Penyesuaian Renstra dilakukan melalui berbagai tahapan, termasuk interaksi dengan para pemangku kepentingan (stakeholders) pendidikan dan kebudayaan di pusat dan daerah, partisipasi seluruh pejabat Kemdikbud, serta dengan mempertimbangkan seluruh capaian kinerja pembangunan pendidikan dan kebudayaan hingga saat ini.

Pengintegrasian kebudayaan dalam pendidikan ditetapkan melalui Peraturan Presiden No. 77 Tahun 2011 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Presiden No. 47 Tahun 2009 tentang Pembentukan dan Organisasi Kementerian Negara, serta Permendikbud No. 1 Tahun 2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Gorontalo, sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis di bawah Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen) memiliki tugas dan fungsi sebagaimana diatur dalam Permendikbud Nomor14 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan, yakni LPMP mempunyai tugas melaksanakan penjaminan mutu pendidikan dasar dan pendidikan menengah di provinsi berdasarkan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Untuk memperlancar pelaksanaan tugas dan fungsi lembaga, dibutuhkan renstra LPMP Gorontalo tahun 2015 – 2019. Renstra tersebut sebagai pijakan lembaga dalam memberikan penjaminan mutu pendidikan di Provinsi Gorontalo. Hal tersebut sebagaimana yang disampaikan oleh Kasubbag Umum LPMP Gorontalo Dra. Hj. Hasmi Dumbi, M.Pd dalam laporannya sebagai penanggunjawab kegiatan Review Renstra LPMP Gorontalo yang dilaksanakan pada tanggal 12 s.d 14 April 2018 bertempat di Ruang Dulohupa LPMP Gorontalo. Peserta kegiatan Workshop ini adalah seluruh pegawai yang ada di LPMP Gorontalo, BPCB Gorontalo, Paud dan Dikmas Gorontalo, dan Kantor Bahasa Gorontalo. Adapun narasumber pada kegiatan ini terdiri atas nara sumber Pusat, dan LPMP Gorontalo.

Kepala LPMP Gorontalo, Drs Hi. Amin Nusi, M.Pd dalam sambutannya, mengharapkan kepada peserta untuk serius dan berperan aktif dalam diskusi. Renstra menjadi sangat penting untuk lembaga kita, sebab nantinya digunakan sebagai pedoman dan acuan dalam penyusunan Rencana Kerja Tahunan (RKT) setiap tahunnya. Kemudian hal kedua, bahwa renstra ini menjadi pijakan dalam penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) sebagai bahan pertanggungjawaban atas pelaksanaan kinerja LPMP Gorontalo periode 2015-2019.