Rakor Penjaminan Mutu Pendidikan Tahun 2017

Membangun pendidikan berorientasi mutu bagi bangsa Indonesia, selain merupakan amanat konstitusi, juga menjadi sebuah keharusan dalam menghadapi tuntutan global yang mensyaratkan tampil dan berperannya manusia-manusia berkualitas serta mampu menunjukkan eksistensi dan integrasinya di tengah-tengah persaingan yang semakin ketat di kancah internasional. Peningkatan mutu pendidikan ini merupakan tanggung jawab dari setiap komponen di satuan pendidikan. Peningkatan mutu di satuan pendidikan tidak dapat berjalan dengan baik tanpa adanya budaya mutu pada seluruh komponen sekolah. Untuk itu dibutuhkan Program Implementasi Penjaminan Mutu Pendidikan di seluruh sekolah di Indonesia dengan pendekatan pelibatan seluruh komponen sekolah (whole school approach).

LPMP Gorontalo sebagai UPT Kemdikbud RI di daerah, bertugas melakukan penjaminan mutu pendidikan bersama Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota se–Provinsi Gorontalo, dalam melaksanakan penjaminan mutu pendidikan tersebut perlu dilakukan pertemuan awal dalam rangka menyatukan persepsi serta mengoordinasikan program-program yang sejalan sehingga baik pada tahap kebijakan maupun implementasinya tidak terjadi perbedaan yang signifikan.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala LPMP Gorontalo, Drs. Hi. Amin N. Nusi, M.Pd dalam sambutannya membuka kegiatan Rapat Koordinasi Penjaminan Mutu Pendidikan yang dilaksanakan pada tanggal 16 – 17 Januari 2017 di Ballroom Hotel Maqna Gorontalo.

Selanjutnya dalam laporan penanggungjawab kegiatan, Kepala Seksi Sistem Informasi Eky Aristanto P. Punu, SE, MM menjelaskan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengkoordinasikan program-program penjaminan mutu pendidikan yang akan dilaksanakan pada tahun anggaran 2017 kepada pemangku kepentingan pendidikan di Provinsi Gorontalo. Adapun peserta rakor yang diundang dari unsur Dinas Pendidikan Kab/Kota dan DPRD Kab/Kota serta dari unsur Pendidikan Propinsi dan DPRD Propinsi.

Masih menurut Eky, harapan yang ingin dicapai dari kegiatan ini tentu adalah tersosialisasinya Kebijakan Penjaminan Mutu Pendidikan pada masing-masing daerah se Provinsi Gorontalo, tersosialisasinya Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan, terkoordinasinya Program Penjaminan Mutu Pendidikan, terkoordinasinya Sistem Informasi Penjaminan Mutu Pendidikan, terkoordinasinya Implementasi Kurikulum 2013, dan terakhir harapnya dapat terkoordinasi dengan baik Kalender Pendidikan pada masing-masing daerah se Provinsi Gorontalo.(md)

Save

Save

Save

Save

Save

Save